Kamis, 01 September 2016

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan


Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Gimana kabarnya hari ini??
Mudah-mudahan sehat selalu
Kali ini mas kiting ingin sedikit nge review Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan di motor gua,
langsung aja cekibrot:

1. Stang Original bawaan pabrik CB150R
Pertama kali beli motor stang nya kayak gini guys, Overall kualitas nya cukup bagus, bahannya dari besi cat chrome. kenyamanan saat posisi riding juga tidak berkurang , karena memang stang ini dikhusus kan untuk penggunaan harian, tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek plus ketegakan stang yang pas buat riding


Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

2. Stang Jepit (Clip on)
Ada kalanya mas kiting bosan dengan tampilan stang standar motor , timbulah keinginan untuk mengganti stang guna mempercantik tunggangan , karena waktu dulu lagi demen-demen nya modifikasi aliran balap (bukan balap karung lho,) akhirnya mas kiting memberanikan diri nge beli stang jepit. bahannya macem2 ada yang Alumunium CNC , Besi biasa , Besi babet (besi campuran yang dicetak ulang) , dan lain lain.

Sesuai namanya , artinya stang ini memang dipasang di fork shock depan sehingga badan jadi nunduk dan kelihatan Racy bangett, membuat tunggangan jadi kelihatan makin elegan.


Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Pada saat memasang stang jepit pastikan baut penjepit stang mengikat dengan kuat ke fork depan, soalnya mas kiting udah pernah 3 kali ganti stang jepit , masalahnya tetap sama, baut dol sehingga stang malah bisa maju mundur dengan mudahnya saat stang kita dorong walaupun sudah dikasih baut tambahan.

Juga saat ingin melakukan standar dobel, stang juga sangat rawan terangkat karena tidak kuat menahan beban motor itu sendiri, biasanya penyebab terangkat nya gara2 baut sambungan pengikat antara penjepit fork dengan batang stang tidak kuat . kira kira posisi nya disini nih guys and lads (perhatikan bagian yang ditandai warna merah):

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan


Saran mas kiting kalo ingin pasang stang jepit, beli stang original dari motor-motor berfairing yang dari lahirnya sono udah makek stang jepit, kayak R15, R25, CBR, Ninja dsb, soalnya bahannya lumayan kuat dan bagus, tapi harganya juga agak2 mahalan dikit dari stang aftermarket variasian (Tapi ada juga lho stang jepit aftermarket yang mahal , cuman mas kiting gapernah nyobain karena keterbatasan dana, hahaha)

Seminggu pertama sih mas kiting enjoy-enjoy aja makek nih stang plus pede naik jadi 50% karena kelihatan kayak pembalap, nunduk2 gitu deeh, hahaha...

Tapi setelah itu baru muncul permasalahan karena penggunaan stang ini,.....

Badan Jadi Pegel euuyyy!! apalagi kalo boncengan sama cewek yang biasanya meluk dari belakang (Ciyeeeh) , Tangan jadi tumpuan sampe geter2 saking pegal nya. belum lagi tangki jadi lecet karena mas kiting asal templok pasang aja tanpa mikirin sudut kemiringan stang (maklum dulu masih bocah yang pikirannya cuman pengen keren-keren an), akhirnya setelah 4 bulan makek stang jepit, gua putuskan untuk mengganti stang tipe lain...

3. Stang Trail / Renthal
Lanjut Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan , setelah stang jepit mas kiting coba lagi makek stang yang biasanya dipakai para rider penggaruk lumpur, yap apalagi kalo bukan stang renthal atau stang trail. 

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Impressi pertama saat coba make stang ini, berasa kaya crosser euy, cuman medan nya hanya jalanan kota . bukan lumpur dan batu, wkwkwk. bahan sudah bagus karena material pembuat nya dari Alumunium. badan juga makin enteng, tangan gak pegal lagi saat bawa motor, plus warna stang yang cerah juga ngebuat motor mas kiting jadi makin eye catching.

Kekurangan stang ini cuman satu aja sih, yaitu terlalu lebar jadi harus lebih teliti memperkirakan lebar jalan sama lebar pintu rumah agar gak kepentok kiri kanan. akhirnya setelah sekian lama miring kanan miring kiri saat masukin motor ke dalam rumah, gua putuskan untuk ganti stang tipe lain.

4.Stang Original Yamaha Byson
Finally inilah Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan yang terakhir dan masih nemplok di motor mas kiting sampai sekarang. Stang Byson adalah stang yang memiliki model semi  fatbar alias tidak terlalu lebar dari stang fatbar biasa.

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan

Tipe-tipe Stang yang pernah Gua gunakan
 (masih dengan setia kepasang di motor mas kiting, hehehe)

Bahannya juga terbuat dari besi cat silver dan hitam sehingga cukup kuat untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh, kenyamanan kurang lebih sama dengan memakai stang renthal, tidak menimbulkan rasa pegal walau berkendara dalam waktu yang lama, pokonya udah passs di hati dehh sama stang ini hehehe..

tunggangan juga kelihatan makin kekar karena stang ini lebih lebar dari stang original pabrik cb150r namun lebih pendek dibanding stang renthal. jadi masukkin motor kedalem rumah udah gak mentok sana sini lagi guys and lads (rumah mas kiting emang sempit sih).

Okeh sekian dulu postingan mas kiting kali ini ya, seperti biasa kalau ada kata-kata yang salah mohon dimaklumi dan dikoreksi . . . Thanks all Readers!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar